UNIVERSITAS TERBUKA

MATA KULIAH TAP (PDGK 4500) 

Mata Kuliah Tugas Akhir Program (TAP) adalah mata kuliah yang harus diikuti oleh mahasiswa Universitas Terbuka semester 10. Mata kuliah ini merupakan muara dari perkuliahan yang pernah diikuti oleh mahasiswa dari semester 1 sampai dengan semester 9. Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa program sarjana (S1) yang sudah memenuhi persyaratan akademik maupun administrative. Tugas yang dihadapi oleh mahasiswa berupa serangkaian tugas yang berbentuk permasalahan, kasus-kasus, atau pertanyaan yang diangkat dari masalah nyata pembelajaran bidang studi yang harus dipecahkan oleh guru secara komprehensif dengan menggunakan konsep dan teori yang telah dipelajari pada mata kuliah yang terkait. Bagi tutor, memerlukan perencanaan yang matang dalam memandu dan membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan mata kuliah TAP, sehingga diperlukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu setiap tutor diwajibkan untuk mempersiapkan perangkat tutorial meliputi:

1. Peta Kompetensi mata kuliah TAP
2. Matriks Aktivitas Tutorial (MAT)
3. Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT)
4. Catatan Tutorial (CATUT)

Kumpulan soal TAP

Kasus Pembelajaran 1
Kasus Pembelajaran 2
Kasus Pembelajaran 3

Jawaban Kasus Pembelajaran 1
Jawaban Kasus Pembelajaran 2
Jawaban Kasus Pembelajaran 3

MATA KULIAH PKP (PDGK 4501)

Mata Kuliah ini membahas tentang ruang lingkup program kegiatan yang memberikan pengalaman belajar untuk meningkatkan kemampuan profesional guru SD dalam mengelola pembelajaran di SD. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat : (1) Menemukan kelemahan atau permasalahan dalam pembelajaran yang dilakukan melalui refleksi. (2) Menemukan alternatif solusi permasalahan dalam pembelajaran dan merumuskannya dalam bentuk PTK yang dilakukan dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas. (3) Refleksi pelaksanaan perbaikan kelemahan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK siklus I. (4) Melaksanakan perbaikan kelemahan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas. (5) Menyusun laporan perbaikan kelemahan dan atau meningkatkan mutu pembelajaran yang dilakukan berdasarkan PTK dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas untuk 1 mata pelajaran eksak dan 1 mata pelajaran non eksak. (6) Memperbaiki laporan PTK dalam penyelenggaraan pembelajaran di kelas untuk 1 mata pelajaran eksak dan 1 mata pelajaran non eksak dan mempertanggung-jawabkan keputusan atau tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan secara ilmiah, dan dapat disampaikan secara lisan atau tulisan. (7) Review ketercapaian kompetensi dasar nomor 1 s.d. 6 Bagi tutor, memerlukan perencanaan yang matang dalam memandu dan membimbing mahasiswa untuk menyelesaikan mata kuliah PKP, sehingga diperlukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu setiap tutor diwajibkan untuk mempersiapkan perangkat tutorial meliputi:

1. Peta Kompetensi mata kuliah PKP
2. Matriks Aktivitas Tutorial (MAT) mata kuliah PKP
3. Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT)mata kuliah PKP
4. Catatan Tutorial (CATUT)mata kuliah PKP
5. Format Laporan PKP
6. Tanda Terima Laporan PKP

CONTOH LAPORAN PKP (SELENGKAPNYA)

Asah selalu kemampuan berfikir tingkat tinggi Anda, SEMOGA BERMANFAAT